Kalender Islam

 

Upaya Menghidupkan Syi'ar Islam

 
 
 

ADAB BERTETANGGA

Dinukil dari materi KHI (kalender hijriyyah istemewa)

Seri Adab-adab Islami

  1. Tidak mengganggu tetangga, baik dengan perkataan maupun perbuatan.
  2. Rasulullah dengan tegas memperingatkan: “Tidak akan masuk surga (yaitu) orang yang tetangganya tidak merasa aman dari gangguannya.” (HR. Muslim: 46)

  3. Jangan berbuat jelek kepada tetangga
  4. Berdasarkan sabda Rasulullah: “Sungguh, seorang lelaki berzina dengan sepuluh wanita itu lebih ringan (dosanya) daripada ia berzina dengan istri tetangganya.” (HR. Ahmad: 23905, as-Silsilah ash-Shahihah: 65)

  5. Memperbanyak kuah ketika memasak lalu memberikan sebagiannya kepada tetangga.
  6. Sebagaimana sabda Nabi kepada Abu Dzar : “Wahai Abu Dzar, apabila engkau memasak, perbanyaklah kuahnya kemudian undanglah tetanggamu (untuk makan bersama) atau bagikan (sebagiannya) kepada mereka.” (HR. Muslim: 2625, Ahmad: 21364)

  7. Mendahulukan tetangga yang paling dekat pintunya dalam memberi sesuatu.
  8. A’isyah berkata: Saya berkata: “Wahai Rasulullah, saya memiliki dua tetangga. Siapakah di antara mereka yang lebih berhak aku hadiahi?” Beliau menjawab, ‘Tetangga yang paling dekat pintu rumahnya denganmu.’ (HR. al-Bukhari: 2140)

  9. Ancaman bagi orang yang pelit kepada tetangganya.
  10. Rasulullah mengabarkan: “Betapa banyak tetangga yang akan memegang tangan tetangganya di hari kiamat sambil berkata, ‘Wahai Rabb-ku, orang ini menutup pintunya dariku dan dia enggan memberi apa yang ia miliki.’” (HR. al-Bukhari dalam al-Adabul Mufrad: 111, Shahih al-Adabul Mufrad: 81)

  11. Tidak selayaknya seorang mukmin merasa kenyang sementara tetangganya kelaparan.
  12. Rasulullah mengingatkan: “Bukanlah ciri seorang mukmin (yaitu) jika ia merasa kenyang sementara (ia tahu) tetangganya kelaparan.” (HR. al-Bukhari dalam al-Adabul Mufrad: 112, Shahih al-Adabul Mufrad: 82)